7 Fakta Bung Karno, Kamu Sudah Tahu Belum?

Bung karno alias Ir. Soekarno merupakan salah satu tokoh paling fenomenal di Indonesia. Sebagai presiden Republik Indonesia yang tekat dan kegigihannya terasa sampai saat ini diseluruh hati rakyatnya, Ir. Soekarno juga pasti memiliki fakta yang bikin kamu semakin kagum sama beliau deh. Nah inilah 7 fakta Bung Karno yang harus kamu tahu!

1. Memiliki Nama yang Berbeda

Nama lahir bung Karno adalah Koesno Sosrodiharjo. Dikarenakan kesehatannya yang buruk selama beberapa tahun, akhirnya pada usia 11 tahun namanya berganti menjadi Soekarno. Pada kedatanganna di Amerika, dikarenakan kurang akrabnya model penamaan di Indonesia yang hanya satu kata, Soekarno memberi nama tambahan didepan namanya sehingga menjadi Achmed Soekarno. Nama Achmed sendiri diperoleh selesai ia melakukan ibadah haji di Makkah.

2. Namanya Terukir Di Beberapa Negara

Nama Soekarno selain harum di Indonesia, juga harum di negara lain. Beberapa negara bahkan menyematkan namanya pada beberapa tempat bersejarah. Di Rusia, terdapat masjid dengan julukan masjid biru Soekarno.  Di mesir terdapat Jalan Ahmed Soekarno, di Pakistan terdapat Soekarno Square Khyber Bazar. Patung Soekarno Juga terdapat pada musium lilin yang ada di Hongkong.

3. Sosok Romantis

Soekarno juga dikenal banyak menulis surat. Baik surat antar negara bahkan surat cinta loh. Berbagai surat cinta yang Soekarno tujukan pada istrinya banyak dipublikasikan melalui media cetak bahkan di museumkan. Bahkan menurut okezone.com, Ratna Sari Dewi (salah satu istri Soekarno) menyimpan 500 surat cinta dari Soekarno di sebuah bank.

4. Motivator Handal

Tidak hanya surat cinta. Berbagai tulisan dan gagasan Soekarno tertulis dan terdengar oleh banyak pejuang Indonesia saat memperjuangkan kemerdekaan. Bahkan gagasan tersebut masih menjadi penyemangat dan motivasi saat ini. Beberapa gagasan juga dijadikan quotes kawula muda sebagai bentuk pengingat diri dan motivasi yang beredar di media sosial.

5. Negosiator Hebat

Keahlian Soekarno dalam bernegosiasi tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena setiap perundingan yang dilakukan oleh Soekarno di masa perjuangan kemerdekaan sebagian besar mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain perundingan, rumusan Pancasila yang kita kenal saat ini juga merupakan usulan dari presiden Soekarno loh.

6. Sang Ahli Bahasa

Presiden Soekarno merupakan satu satunya presiden Indonesia yang menguasai banyak bahasa asing. Sang proklamator ini mampu berbahasa Belanda, Jerman, Inggris dan Prancis dengan mahir. Bung Karno juga dapat sedikit berbahasa Jepang dan Spanyol. Selain bahasa asing, bung Karno juga mahir menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jawa dan Sunda.

7. Memiliki Jejak Arsitektur

Menurut Republika.com, bung Karno secara akademis merupakan lulusan Teknik Sipil ITB sehingga memiliki pengetahuan dasar mengenai arsitektur. Sehingga pada tahun 1926, bung Karno dengan percaya diri membuka biro arsitek. Setelah menjabat, gagasan arsitektur bung Karno ini dapat terlihat pada Tugu Monas, Gelora Bung Karno, Masjid Istiqlal hingga Hotel Indonesia.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit