6 Tips Move On dari Mantan Pasangan

Setiap pertemuan ada perpisahan dan setiap hubungan hanya memiliki dua akhir, bahagia atau sedih. Kata-kata itu sudah tidak asing lagi buat kita dan sering didengarkan saat melakukan sebuah perpisahan. Semua orang selalu mendambakan akhir yang bahagia di setiap kisah mereka terutama dalam hal percintaan. Namun terkadang ada berbagai faktor yang melatarbelakangi berakhirnya sebuah hubungan. Yuk simak tips move on dari mantan pasangan.

Menyibukkan diri dengan kegiatan organisasi

Menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas merupakan salah satu cara yang dapat membuat seseorang melupakan masa lalunya. Dengan aktif mengikuti kegiatan organisasi dapat membantu mengurangi ingatan-ingatan tentang kejadian atau rasa sakit serta galau yang dirasakan. Kesibukan serta fokus yang diperlukan dapat meminimalisir pikiran kita untuk mengingat-ingat kenangan masa lalu dengan pasangan.  

Memberikan self reward

Self reward diberikan sebagai bentuk penghargaan diri karena mampu bertahan dan berjuang sampai saat ini. Selain itu pemberian self reward juga bertujuan sebagai sarana penghibur diri agar tidak terlarut-larut dalam kesedihan. Self reward bisa dilakukan dengan melakukan wisata ke pantai, mendaki gunung, atau melakukan wisata kuliner. Self reward bisa dilakukan di tempat-tempat yang menenangkan serta dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan.  

Menonton film

Menonton film atau drama korea merupakan salah satu tips untuk menyibukkan diri selain dengan kegiatan organisasi. Tips ini sangat cocok buat kaum rebahan yang lebih suka menyendiri disaat saat tertentu. Film atau drama yang ditonton sebaiknya bergenre komedi atau kartun anak-anak yang dapat menghibur agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Serta hindari menonton drama bergenre sedih atau yang dapat membuat kita baper dan malah teringat masa lalu.

Memulai pertemanan baru

Memulai pertemanan baru bisa dilakukan agar tidak mudah teringat masa lalu. Pola pertemanan yang sama saat masih memiliki pasangan biasanya akan mengingatkan pada moment-moment tertentu. Karena secara tidak sadar mungkin teman-temanmu akan menanyakan tentang kabar atau kebiasaan-kebiasaan yang biasa dilakukan. Bahkan mereka bisa saja meminta untuk menceritakan mengapa hubungan tersebut bisa berakhir. Selain sebagai perantara untuk move on, tips ini juga dapat menambah relasi pertemanan.

Fokus meningkatkan kualitas diri

Meningkatkan kualitas diri merupakan salah satu balas dendan terbaik kepada mantan pasangan. Kesedihan yang berlarut-larut pada kekurangan yang menyebabkan kegagalan dalam sebuah hubungan hanya akan membuang-buang waktu. Kekurangan yang dimiliki dapat dijadikan pemicu untuk menjadikan diri menjadi lebih baik. Pengalaman yang ada dapat dijadikan tolak ukur diri agar tidak kembali ke masa lalu. Meningkatkan kualitas diri dapat dilakukan dengan memperbanyak ilmu, relasi, atau melakukan perawatan pada tubuh.

Menghindari barang dan kegiatan yang berkaitan dengan masa lalu

Menghindari barang serta kegiatan yang berkaitan dengan masa lalu merupakan salah satu tips yang dapat dilakukan agar kita bisa move on dari manta pasangan. Ketika mantan pasangan sering memberikan barang, sebaiknya disimpan ditempat-tempat yang jarang dijangkau agar tidak mudah melihat serta menemukannya. Selain itu hindari tempat-tempat yang sering dikunjungi berdua dengan mantan pasanganmu saat masih memiliki hubungan. Karena dengan sering mengunjungi atau mengulangi berkunjung ketempat-tempat tersebut dapat membuat memori tentang masa lalu berputar kembali di ingatan.

Move on atau berusaha melupakan mantan pasangan kita bukan berarti melupakan semua kenangan atau membuang semua barang yang diberikan. Move on dilakukan agar kalian dapat berdamai dengan masa lalu dan membuat lembaran baru dalam kisah hidup. Ketika kita terlalu sayang dengan seseorang kemudian ditinggalkan akan menjadi hal yang menyakitkan. Namun, kita tidak bisa terlalu lama berlaru-larut dalam kesedihan tersebut. Banyak hal yang bisa kita lakukan, maka fokuslah pada peningkatan kualitas diri agar suatu saat bertemu dengan pasangan yang tepat.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Pattika Reyhan
Pattika Reyhan
Seorang mahasiswa Psikologi, yang suka mengekspresikan sesuatu lewat sebuah tulisan

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit