6 Tips Agar Pengajuan Pinjaman KTA Cepat Disetujui

Saat ini, mengajukan pinjaman, khususnya KTA (Kredit Tanpa Agunan), sudah semakin mudah. Namun, meskipun mudah kamu tetap harus memperhatikan persyaratan-persyaratannya. Pasalnya, jika persyaratannya kurang, maka permohonan akan ditolak. 

Selain itu, ada juga beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan agar pinjaman KTA online cepat diproses dan dicairkan. Nah, berikut sudah kami rangkum apa saja tips yang harus kamu ketahui agar proses pengajuan KTA cepat disetujui:

1.  Memperbaiki Catatan Rekening

Persetujuan dan pencairan KTA juga tidak lepas dari catatan rekening milikmu. Maka dari itu, perbaikilah catatan rekening terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk memperhatikan slip gaji dan juga rekening tabungan milikmu.

Penghasilan juga bisa menjadi tolok ukur pihak bank saat melakukan evaluasi pinjaman KTA. Semakin besar penghasilan milikmu, maka semakin tinggi juga pencairan yang bisa kamu terima.

Mulailah memperbaiki catatan keuangan di bank dalam kurun waktu 3 hingga 6 bulan terakhir. Salah satu caranya adalah dengan menabung secara rutin. Selain itu jangan lupa juga untuk mengelola gaji secara baik agar tabunganmu tidak minus.

2.  Bijak Saat Menggunakan Kartu Kredit

Selain memperbaiki catatan rekening, jangan lupa juga agar selalu bijak saat menggunakan kartu kredit. Khususnya bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman KTA yang mewajibkan kartu kredit sebagai syarat pokoknya.

Kamu harus mulai mengatur penggunaan kartu kredit jika ingin mengajukan KTA dalam waktu dekat. Pastikan penggunaan kartu kredit kamu tidak lebih dari 80% dari limit kartu kredit tersebut.

Penggunaan kartu kredit pemohon pinjaman juga menjadi bahan pertimbangan lembaga keuangan yang menyediakan produk KTA. Jika kamu menggunakannya dengan baik, maka proses persetujuan maupun pencairan semakin mudah diproses.

3.  Menggunakan Data Sebenarnya Saat Pengajuan

Kunci keberhasilan lain agar bisa memperoleh KTA adalah menggunakan data yang sebenar-benarnya saat proses pengajuan. Pastikan kamu tidak menyembunyikan informasi yang harus diisi pada formulir pengajuan.

Jangan pernah memasukkan data palsu saat proses pengajuan pinjaman KTA online maupun offline. Isi semua data sesuai dengan dokumen pendukung yang kamu setorkan.

4.  Membayar Hutang Tepat Waktu

Catatan tagihan juga menjadi bahan pertimbangan yang penting dari lembaga keuangan atau bank terkait. Pastikan kamu membayar tagihan utang-utang tepat waktu dan tidak ada yang macet satu pun.

Bagus atau buruknya catatan pembayaran utang milikmu akan tercatat di BI Checking. Semua lembaga keuangan atau bank bisa mengeceknya secara langsung sehingga pihak terkait tahu tentang catatan utang milikmu.

Maka dari itu, jangan pernah menganggap remeh hal-hal yang kecil seperti membayar utang maupun tagihan kartu kredit. Pastikan tidak ada satu pun tagihan yang belum kamu lunasi agar proses pengajuan pinjaman cepat dan lancar.

5.  Pertimbangkan Proporsi Cicilan secara Bijak

Saat ini pengajuan pinjaman KTA menawarkan lama atau tenor cicilan yang cukup beragam. Namun, jangan asal memilih tenor cicilan. Pastikan kamu memilih tenor sesuai dengan kemampuan finansial.

Selain jangka cicilan KTA, pastikan juga kamu bijak dalam menentukan proporsi utang. Contohnya, jika saat ini utang kamu sudah mencapai 30% dari pendapatan, maka kamu wajib mengurangi porsinya terlebih dahulu.

Contoh dalam menilai proporsi cicilan berikutnya; misalnya penghasilan kamu saat ini Rp10.000.000 per bulan, maka usahakan jumlah cicilan yang sedang berlangsung dan akan diajukan tidak lebih dari Rp3.000.000.

Silahkan kamu lakukan penghitungan sederhana terlebih dahulu. Hitung berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Kemudian berapa besar dana KTA yang kamu butuhkan dan kesanggupan cicilan per bulannya.

6.  Pastikan Kamu Mudah Dihubungi oleh Pihak Bank

Agar pengajuan dan pencairan cepat diproses, jangan lupa juga untuk memasukkan data nomor kontak yang mudah dihubungi. Contohnya nomor telepon yang selalu aktif dan selalu kamu gunakan sehari-hari.

Semakin mudah kamu dihubungi oleh pihak bank, maka proses persetujuan dan pencairan pun akan semakin cepat. Pihak bank biasanya akan menghubungi kamu untuk melakukan verifikasi data-data yang sudah kamu berikan.

Beritahu juga pihak bank kapan kamu bisa mengangkat telepon dari pihak terkait. Beritahu jam-jam sibuk saat kamu tidak bisa membalas pesan maupun telepon. Dengan begitu, pihak bank tahu kapan bisa menghubungi kamu.

6 Tips Agar Pengajuan Pinjaman KTA Cepat Disetujui 1
6 Tips Agar Pengajuan Pinjaman KTA Cepat Disetujui 2

Cara Mudah Mengajukan Pinjaman KTA Online

Saat ini proses pengajuan pinjaman KTA sudah bisa dilakukan secara online. Salah satu caranya adalah dengan mengajukannya melalui Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa mengajukannya kapan saja dan dimana saja.

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank KTA sebagai digital banking terbaik. Adapun kelebihan-kelebihannya adalah sebagai berikut:

  • Proses pengajuan mudah karena menawarkan sistem apply online melalui Aplikasi digibank by DBS. Pengajuan bisa melalui situs go.dbs.com maupun melalui aplikasi yang kamu unduh di handphone.
  • Proses approval hanya 60 detik saja.
  • Pencairan dana hingga Rp80.000.000 dan langsung cair ke rekening digibank by DBS.
  • Suku bunga tergolong kompetitif mulai dari 0,95% saja per bulannya.
  • Sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK, dan didukung oleh Bank DBS Indonesia yang memenangkan penghargaan sebagai Bank Terbaik Dunia oleh Euromoney.

Cara Mengajukan KTA Online di digibank by DBS

Untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman KTA online melalui Aplikasi digibank by DBS, berikut kami paparkan langkah-langkahnya.

Pengajuan Untuk Non-nasabah

  • Silahkan apply melalui go.dbs.com/kta.
  • Tunggu persetujuan kurang lebih 1 menit.
  • Setelah data kamu terverifikasi, silahkan download Aplikasi digibank by DBS di handphone.
  • Lakukan verifikasi biometrik melalui agen digibank terdekat. 
  • Proses pencairan langsung masuk ke rekening hingga Rp80.000.000.

Pengajuan Untuk Nasabah digibank by DBS

  • Masuk ke Aplikasi digibank by DBS.
  • Pilih menu “Personal Loan”.
  • Masukkan data diri.
  • Tunggu konfirmasi dari pihak terkait kurang lebih 1 menit.
  • Pilih limit KTA dan jangan lupa untuk memilih tenor yang kamu inginkan.
  • Proses pencairan dana langsung secara real-time ke rekening digibank.

Bagaimana, tertarik untuk mengajukan pinjaman KTA? Yuk, apply sekarang juga melalui situs atau Aplikasi digibank by DBS.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Avatar of Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit