6 Tempat Makan Salatiga yang Legendaris

Jika kamu ke Kota Salatiga kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan legendaris. Beberapa tempat makan legendaris di Salatiga sudah berdiri sejak jaman Belanda. Wow… Sangat cocok bagi para pecinta kuliner hehe. Dengan kualitas rasa yang khas dan sejarah yang unik dari generasi ke generasi. Inilah tempat makan Salatiga yang legendaris, kamu perlu coba jika berkunjung ke Salatiga.


Soto Esto


Siapa disini yang tidak suka soto? Mungkin kamu juga familiar dengan makanan soto. Soto Esto berdiri sejak tahun 1953, nama “esto” sendiri berasal dari nama bis yang terkenal di Salatiga pada masanya. Soto legendaris ini dulunya menempati di garasi bis esto, maka dari itu dinamakan Soto Esto. Soto ayam yang terletak di Jl. Langensuko No.4 Salatiga, sotonya sedikit lebih berbeda dari yang lain. Kuahnya sotonya gak kental yang terbuat dari santan. Soto legendaris ini dibandrol harga Rp. 10.000 perporsi. Buka setiap hari mulai pukul 06.00-13.00 wib saja. Jadi kamu jangan sampai kesana sore-sore ya hehe


Tumpang Koyor Mbah Rakinem


Tumpang Koyor merupakan makanan sederhana tempo dulu yang berbahan dasar daging sapi bagian kepala dan tempe bosok. Tumpang koyor yang memiliki ciri khas aroma makanan ini terletak di Jalan Nakula Sadewa III No. 13 Dukuh, Sidomukti. Tempat ini berdiri sejak 1970-an.

Waktu dulu, mbah Rakinem berjualan tumpang koyor dengan cara berkeliling. Namun sekarang berjualan di kediamannya. Suasana joglo (kediaman mbah rakinem) seperti tempo dulu menambah kenikmatan saat menyantap tumpeng koyor. Uniknya, tempat ini buka setiap hari selasa-minggu dan hanya pukul 06.00-10.00 wib pagi saja. Tumpang koyor ini laris manis, terkadang jam 10-an sudah habis. Untuk harganya Rp.20.000 per porsi.


Ronde Sekoteng Jago


Siapa yang tidak tahu makanan Ronde? Makanan yang nikmat disantap saat suasana dingin. Salatiga terdapat makanan ronde yang melegenda yaitu Ronde Sekoteng jago. Ronde ini terletak di Jl. Jend. Sudirman No.9 Kutowinangun. Berada di sekitar pasar raya salatiga, tepatnya di belakang pos polisi pasar raya. Dibuka setiap hari pukul 13.00-21.00 wib.

Menunya cukup beragam, namun yang paling laris adalah wedang ronde sekoteng. Untuk harganya Rp. 14.000,- perporsi. Ronde sekoteng jago ini berdiri sejak 1960-an. Konon, nama jago ini berasal dari kedai jamu jago. Ronde sekoteng bertahan hingga saat ini dan sudah sampai generasi keempat. Tempat ini selalu ramai sehingga sabar mengatre hehe.


Sate Sapi Suruh


Pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Yaps, makanan sate yang melegenda di Salatiga yaitu Sate Sapi Suruh. Sate Sapi Suruh ini berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Kutowinangun. Tempat ini memiliki cabangnya di Komplek ruko 16 no. F1 Pasar Raya. Tepat berjejeran di antara took-toko pasar raya. Berdiri pada tahun 1987 warung sate suruh dapat menghabiskan daging minimal 10 kg setiap hari. Untuk sate daging harganya Rp. 37.000 perporsi sedangkan sate daging campur (daging dan lemak) harganya Rp. 35.000 perporsi. Sate sapi suruh ini dibuka setiap hari yang dimulai dari 09.30-21.30 wib.


Rumah Makan Es Cobra


Rumah makan es cobra merupakan salah satu makanan melegenda di kota Salatiga. Nama es cobra bukan berarti ada ular cobranya ya hehe. Isi dari es cobra yaitu cendol, yonghun, coo, kolang-kaling, kelapa muda, papaya, nanas, tape, leci, susu coklat). Letaknya Jl. Kalipengging No. 4C, Kutowinangun Kidul. Buka setiap selasa –minggu mulai pukul 09.00- 20.00 wib. Es cobra ini berdiri sejak 1980-an sampai sekarang. Disini juga masih ada aneka es lainnya seperti es kencana, es buah, es alpukat, es kelapa muda, dll.


Soto Kesambi Gladagan


Lagi-lagi makanan soto sangat familiar di masyarakat. Soto yang melegenda di Salatiga adalah “Soto Kesambi” Pak Wianto (Tan Ping Tjwan). Tempat ini terletak di Jl. Gladagan No. 682, Salatiga. Dibuka setiap hari dan dibuka mulai pukul 06.00-15.00 wib. Jika kamu ingin menyantap soto legendaris ini hanya merogoh kantong Rp. 6.000 perporsi. Soto kesambi ini dulunya berada di jalan kesambi yang berdiri pada 1970-an sehingga diberi nama Soto Kesambi.

Bagaimana gaes? Udah menentukan makanan legendaris mana yang ingin kamu coba di Salatiga? Jangan sampai nyesel ya kalau engga mampir hehe

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit