Nusagadu

5 Tujuan dan Manfaat Membaca Karya Ilmiah

Tugas Kuliah Universitas Terbuka

Artikel ini pertama kali diunggah pada elearning Universitas Terbuka oleh Ahmad Budairi untuk menjawab soal diskusi sesi perkuliahan keempat. Adapun soal diskusi yang diberikan adalah sebagai berikut:

Soal Diskusi

Membaca karya fiksi baik itu cerpen, novel, atau komik lebih mengasyikkan dibandingkan membaca karya ilmiah karena karya ilmiah meminta waktu lama untuk bisa membahas dan sedikit lebih sulit. Namun dibalik semuanya, membaca karya ilmiah banyak Manfaat. Coba Anda diskusikan lima tujuan dan lima Manfaat membaca karya ilmiah.

Masukkan sumber-sumber yang mendukung jawaban Anda. Jangan lupa, selalu gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selamat berdiskusi!

Tujuan Membaca Karya Ilmiah

  1. Menghidupkan atau menjaga budaya ilmiah. Dengan adanya kegiatan membaca karya ilmiah, kita akan dapat terus menjaga kelangsungan budaya ilmiah.
  2. Melatih diri untuk berpikir obyektif dan atas suatu permasalahan yang dihadapi. Dengan membaca karya ilmiah, kita akan dapat melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang sesuai batasan kajian ilmiah yang ada.
  3. Menumbuhkan daya pikir ilmiah. Melalui kegiatan membaca karya ilmiah dapat membuat kita terbiasa berpikir ilmiah.
  4. Membuktikan cakupan wawasan ilmiah yang dimiliki.
  5. Melatih diri agar mampu menyampaikan hasil penelitian dalam sitematika yang tepat

Manfaat Membaca Karya Ilmiah

  1. Mendapatkan referensi. Karya ilmiah dapat digunakan untuk mencari referensi saat mempersiapkan karya tulis atau kegiatan ilmiah seperti seminar, penelitian, diskusi panel, dan lain sebagainya.
  2. Mendapatkan sumber bacaan. Di setiap karya ilmiah mengandung sumber referensi atau daftar pustaka yang dapat digunakan sebagai katalog bacaan. Semakin banyak referensi arau daftar pustaka yang digunakan semakin banyak pula pilihan sumber bacaan yang akan didapat.
  3. Memperkaya perbendaharaan gagasan ilmiah yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk menulis karya ilmiah maupun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
  4. Mendapatkan fakta dan data ilmiah. Hoax, berita palsu, konten yang menyesatkan banyak beredar di internet. Dengan kegiatan membaca karya ilmiah, kita dapat melakukan validasi data maupun fakta terkait hal tersebut melalui kegiatan membaca karya ilmiah.
  5. Mendapatkan solusi permasalahan. Hasil penelitian yang disajikan dalam karya ilmiah dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu diterapkan untuk kehidupan pribadi, keluarga, maupun masyarakat umum secara luas. Tergantung topik ilmiah yang dibaca.

Referensi

Mulyati, Yeti. & dkk, 2018. Bahasa Indonesia. 29 ed. Jakarta: Univiersitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K. (2014) Teknik Penulisan Karya Ilmiah. In: Hakikat dan Karakteristik Karya Ilmiah. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-40. ISBN 9789790118010

Khairil, Muhammad., 2017. 6 Manfaat Membaca Karya Ilmiah. [Online]  Tersedia di: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/6-manfaat-membaca-karya-ilmiah/ [Diakses pada 18 April 2020].

Nafisah, Lulu., 2019. Sebutkan lima tujuan dan lima manfaat membaca karya ilmiah. [Online]  Tersedia di: https://brainly.co.id/tugas/22652463 [Diakses pada 18 April 2020].

 

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close