5 Tips Sukses Melakukan Tes IELTS

Mama papa, apakah si kecil pernah memiliki keinginan untuk mengikuti tes TOEFL atau IELTS? Kalau iya, Mama Papa harus mendukungnya. Namun, jika si kecil belum memiliki keinginan untuk mengikuti tes bahasa Inggris tersebut, Mama papa bisa mengajaknya. 

Pasalnya tes TOEFL atau IELTS memiliki banyak manfaat untuk masa depan si kecil, di mana mereka bisa bekerja dengan mudah, melanjutkan pendidikan di luar negeri atau si kecil dapat berkomunikasi dengan orang dari negara lain. Mama papa memiliki peran penting untuk membantu si kecil menemukan masa depannya yang lebih cerah.

Alasan pentingnya tes TOEFL atau IELTS

Anak belajar bahasa inggris
Anak Belajar Bahasa Inggris agar dapat keliling dunia. Image credit: 123rf.com

Tes TOEFL atau IELTS bukan hanya tes bahasa Inggris biasa, tetapi ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi peserta tes. Mama papa perlu mengetahui alasan pentingnya mengapa si kecil harus dipersiapkan sejak dini untuk mengikuti tes TOEFL atau IELTS, berikut beberapa alasannya:

  1. Menempuh Pendidikan di Luar Negeri

Seperti yang diketahui sebelumnya, dengan sertifikat tes TOEFL atau IELTS, si kecil dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri. Pasalnya sekolah di luar negeri menjadi impian banyak orang, di mana si kecil bisa mendapatkan pengalaman yang banyak, wawasan luas dan peluang sukses besar. 

Mama papa bisa memberitahu hal ini kepada si kecil agar mereka rajin belajar bahasa Inggris untuk mempersiapkan tes TOEFL. 

  1. Jenjang Karir di Tempat Kerja

Untuk memudahkan si kecil mencapai impiannya di masa depan, tak ada salahnya Mama papa mengajak mereka mengikuti tes TOEFL atau IELTS. Pasalnya tak sedikit perusahaan yang menjadikan kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan calon pegawainya. Bahasa Inggris selalu digunakan dalam berbagai bidang dan memudahkan seseorang bekerja.

  1. Bisa Menjadi Apa Saja

Dengan kemampuan dan tekad yang kuat, seseorang bisa menjadi apa saja sesuai keinginannya. Hal tersebut akan lebih mudah lagi jika memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris TOEFL atau IELTS. Jika si kecil mengikuti tes ini, mereka bisa menjadi apa saja, mulai dari guru bahasa Inggris, penulis internasional, penerjemah, pramugari, tour guide dan lainnya. Pastinya Mama papa mau kan memiliki anak sukses?

5 Tips Sukses Melakukan Tes IELTS

Agar si kecil berhasil melakukan tes IELTS dan cara mendapatkan skor TOEFL tinggi, Mama papa harus mendukungnya dan mengajar bahasa Inggris dengan baik kepada mereka. Kalau perlu, si kecil bisa mengikuti belajar bahasa Inggris tambahan atau les pribadi.

Ada banyak hal yang perlu mama papa ajarkan kepada si kecil agar sukses TOEFL atau IELTS, mulai dari belajar grammar, speaking, listening dan lainnya. Si kecil bisa belajar melalui musik, film atau membaca buku Bahasa Inggris. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Berikut ini merupakan 5 tips sukses melakukan tes IELTS untuk si kecil, di antaranya yaitu

  1. Membuat Anak Tidak Asing dengan Bahasa Inggris

“Membuat anak tidak asing dengan bahasa Inggris,” maksudnya, Mama papa berusaha untuk mengakrabkan si kecil dengan bahasa Inggris. Misalnya, Mama papa bisa mengajak si kecil menonton film bahasa Inggris, mendengar musik bahasa Inggris, memberi buku bahasa Inggris, bahkan  berbicara sehari-hari menggunakan bahasa Inggris.

Cara ini bukan berarti mama papa mengajarkan si kecil untuk tidak mencintai bahasa Indonesia ya, tetapi agar mereka terbiasa dengan vocabullary atau kosakata bahasa Inggris dan tidak cepat lupa artinya. Semakin si kecil terbiasa, semakin mahir kemampuan bahasa Inggris mereka. 

  1. Terus Berlatih

Selain mengakrabkan si kecil dengan bahasa Inggris, mama papa juga perlu melatih mereka agar kemampuannya semakin meningkat. Pasalnya soal tes TOEFL atau IELTS nanti bukan sekadar bahasa Inggris biasa, melahirkan lebih sulit dan kompleks, mulai dari grammar, tenses, struktur kalimat hingga tes listening. 

Si kecil harus sering-sering berlatih, agar mereka bisa mengerjakan soal tes dengan mudah. Selama latihan, Mama papa bisa memberikan waktu pengerjaan sesuai dengan tes sebenarnya. Dengan sering latihan, Mama papa bisa mengidentifikasi kelemahan dan keunggulan si kecil dalam kemampuan berbahasa Inggris yang mereka miliki. 

  1. Buat Strategi

Langkah selanjutnya, Mama papa bisa membantu si kecil untuk membuat strategi yang tepat dalam mempersiapkan dan melaksanakan tes TOEFL atau IELTS nanti. Dengan begitu, si kecil dapat mengefektifkan waktu dengan baik ketika tes dilaksanakan.

Strategi yang bisa Mama papa berikan mulai dari, mengenal kata kunci ketika sesi listening, membaca poin-poin penting ketika sesi reading atau si kecil langsung melihat daftar pertanyaannya untuk menghemat waktu dan lainnya. Setiap orang memiliki strategi yang berbeda, Mama papa perlu mengenal si kecil lebih dalam untuk memberikan strategi yang tepat atau biarkan mereka menentukan strateginya sendiri.

  1. Ajarkan Anak Menulis Layaknya Penutur Asli

Membaca dan menulis merupakan sesuatu yang tak bisa dipisahkan, dan keduanya penting dimiliki setiap orang. Agar si kecil dapat mengerjakan tes IELTS dengan baik, mama papa harus membiasakan si kecil membaca dan menulis berbagai topik dalam bahasa Inggris, layaknya penutur asli. Hal ini diterapkan Seiring meningkatnya kemampuan bahasa Inggris si kecil.

  1. Ajak Teman Si Kecil untuk Belajar Bersama

Agar si kecil tidak bosan belajar sendirian, Mama papa bisa mengajak teman si Kecil untuk belajar bersama. Biasanya si kecil akan lebih senang dan bersemangat saat belajar bersama temannya. Pastikan, Mama papa memilih teman yang tepat untuk si kecil agar mereka tetap bisa fokus belajar bersama.

Itulah alasan pentingnya tes TOEFL atau IELTS beserta 5 tips sukses IELTS yang bisa mama papa ketahui untuk si kecil. Dengan begitu, Mama papa tidak lagi kesulitan mengajar anak ya!

Kalau mama papa membutuhkan partner untuk mengembangkan potensi si kecil, Mama papa bisa mengunjungi Kiddo.id. Kiddo.id merupakan platform yang membantu orangtua untuk memaksimalkan potensi si kecil melalui aktivitas atau kursus pilihan yang disediakan serta berbagai konten edukasi dan parenting. 

Referensi:

https://www.britishcouncilfoundation.id/english/articles/tips-nail-ielts-test

https://amp.sederet.com/tutorial/tip-toefl-apa-manfaat-tes-toefl-berikut-7-manfaat-tes-toefl/

https://www.idp.com/indonesia/blog/5-tips-sukses-ielts/

 

Tanggapan Kamu?