Nusagatizen

5 Tips Mendapat $124 Kurang dari Seminggu

Cara mendapat $124 dolar di Fiverr

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa pendapatan $124 dalam waktu kurang dari seminggu masih sedikit karena di luar sana banyak tutorial yang mengajarkan cara mendapat $1000 atau lebih dalam sehari. Terlebih para mastah (gadungan) di dunia Auto Generated Content (AGC) yang suka pamer earnings kepada newbee agar mau dikibuli. Namun, bagiku sendiri, $124 dalam waktu kurang dari seminggu atau bila dihitung jam efektif kerja 8 jam, hanya 5 x 8 jam atau lima hari kerja sudah cukup.

Rata-rata project yang kukerjakan sebenarnya hanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam saja. Hanya saja terkadang klien responnya lambat. Jadi, mau tak mau harus menunggu mereka untuk memberi feedback atas hasil kerjaku.

Gig yang kubuat di Fiverr sebenarnya kusetting dengan waktu pengerjaan 2 hari kerja. Namun, sering kali kudelivery hanya dalam waktu 2-3 jam saja. Hal ini yang membuat klien sangat senang dan seringkali dari mereka memberikan tips 100% lebih dari harga Gig yang kutawarkan.

Bagaimana cara mendapat $124 dalam waktu kurang dari seminggu?

Berdasarkan pengalaman yang telah kujalani selama ini, caranya sebagai berikut:

Pertama, yakin dan fokuslah dengan apa yang dikerjakan saat itu. Ketika sudah mendapat klien di Fiverr, jangan memecah fokus dengan mencari orderan lain misalnya melihat-lihat buyer request atau mencari orderan di tempat lain. Hal ini akan memperlambat kinerja kita. Semakin cepat kerja kita di Fiverr, maka semakin bagus. Kalau kita tidak bisa memberi bonus berupa diskon atau pengurangan harga pada klien, maka dengan ini kita bisa memberi bonus berupa waktu pengerjaan yang lebih cepat dari kesepakatan. Klien yang ordernya diselesaikan lebih cepat dari yang diperkirakan akan sangat senang. Kemungkinan repeat order akan semakin tinggi. Selain itu, kita juga bisa segera beralih ke project atau orderan yang lain.

Kedua, Berikan kejutan pada klien. Ketika membuat Gig, aku biasanya menyertakan opsional Gig dengan hal-hal yang sepele seperti keterangan kode menggunakan comment, analisis bug, dan lain sebagainya. Gig opsional itu sebenarnya tidak kujual. Tujuan utama Gig yang kubuat adalah memperbaiki kode program yang gagal. Namun, Gig opsional ini seringkali kugunakan untuk bonus. Misalnya ketika klien order gig sebesar 5 dolar, maka akan kuberi bonus deskripsi kode dan analisis bug senilai $10 dolar. Hal ini membuat mereka sangat senang dan memberikan review yang sangat bagus pada gig yang diorder.

Ketiga, balaslah inbox client dengan tepat waktu. Jangan sampai membuat mereka menunggu lama. Hal ini untuk menjaga kepercayaan mereka. Response Time Rate ini akan berpengaruh secara global di akun Fiverr kita. Jika RTR kita bagus, maka kemungkinan dipercaya klien juga akan semakin bagus. Selain itu, kita juga akan semakin dipertimbangkan oleh calon klien ketika mengikuti sebuah bid.

Keempat, Sebisa mungkin jangan asal ikut bid. Pahami dulu apa yang pembeli minta. Kalau yakin mampu mengerjakan, maka ikutlah bid dengan harga yang wajar. Hindari mengikuti bid dengan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Hal ini meskipun jadi pusat perhatian klien tapi sering kali diabaikan karena identik dengan spam.

Kelima, Buatlah sampel sebelum ikut bid. Ketika melihat ada buyer request yang cukup mudah untuk dikerjakan dan tidak memerlukan effort yang terlalu besar, maka buatlah sampel project yang sesuai permintaan tersebut. Misalnya, ketika buyer meminta bantuan untuk konversi Date Format dari US ke non-US maka buatlah demo konversi date format tersebut. Setelah demo jadi, ikutlah bid dan sertakan demo yang dibuat tadi. Hal ini akan menjadi senjata ampuh untuk memenangkan bid.

Sekian 5 Tips mendapatkan $124 dalam waktu kurang seminggu.

Tahukah Kamu Arti serpih-2?

ser·pih 2 1 a sumbing (terpotong) sedikit: giginya --; 2 a (sobek dsb) kecil-kecil; 3 n kepingan (serpihan, sobekan, dsb) kecil- kecil;me·nyer·pih v 1 menyerupai serpih; 2 menjadikan serpih-serpih; memecahkan (menyobek) kecil-kecil atau sedikit-sedikit;ser·pih·an n kepingan (belahan, sobekan) kecil-kecil;pe·nyer·pih·an n proses, cara, perbuatan menyerpih
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close