Nusagatizen

5 Tips Agar Blog Nyaman Dikunjungi

Blog adalah alat yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam tujuan. Bisa untuk berbagi informasi, cerita, pengalaman, untuk promosi, mengais dolar, dan lain sebagainya.

Secara umum, kebanyakan bloger yang kukenal, mereka seneng banget mengejar trafik. Mencari tutorial sana-sini tentang bagaimana cara meningkatkan trafik, bagaimana cara mengoptimalkan SEO (SEO kan udah optimal. Yang mau dioptimalkan apanya lagi? ?), bagaimana meningkatkan domain authority (DA), bagaimana cara meningkatkan page authority (PA), dan tutorial bagaiman-bagaimana lainnya.

5 Tips Agar Blog Nyaman Dikunjungi
diadapsi dari niceblog.de

5 Tips Agar Blog Nyaman Dikunjungi

Pertama, Buatlah desain yang bagus. Kesan pertama yang dirasakan seseorang ketika mengunjungi blog terletak pada desain. Desain ini meliputi ukuran huruf dan elemen lainnya. Kalau diakses melalui mobile phone harus eye catching (mudah dilihat). Tidak saling tumpang tindih atau melebihi pembatas yang akan memberi kesan tidak rapi.  Pemilihan warna dan kombinasinya harus eye friendly (enak dipandang). Tidak terlalu terang atau gelap. Tata letak yang jelas dan konsisten untuk memudahkan pengunjung menemukan hal-hal yang diinginkan dan lain-lainnya. Intinnya, desain harus memenuhi kaidah desain blog yang bagus.

Kedua, gunakan asesoris blog secukupnya. Asesoris blog biasanya dibuat seorang blogger untuk mempercantik blog yang dimilikinya. Namun, jika asesoris yang digunakan terlalu banyak biasanya akan memperlama loading sebuah blog dan kadang malah terasa mengganggu pengunjung. Misalnya, penggantian kursor dengan gambar yang dikombinasi dengan rotating text yang mengikuti gerakan kursor. Ini akan mengganggu pengunjung ketika membaca. Penggunaan efek salju yang dikombinasi dengan penggunaan gambar animasi yang bergerak secara random. Script interval yang digunakan pada kedua efek tersebut bisa menghambat kecepatan loading sebuah blog. Intinya, jangan gunakan asesoris yang tidak perlu yang malah akan mengganggu pengguna dalam menikmati blog.

Ketiga, buatlah konten yang menarik. Desain yang bagus dan asesoris yang pas dan menarik tapi konten yang tersedia tidaklah menarik akan membuat pengunjung tidak betah mengunjungi blog. Jika desain dan aseasoris diibaratkan rumah dan propertinya, maka konten adalah suguhannya. Seorang tuan rumah harus menyuguhi tamu dengan sesuatu yang menarik. Entah berupa hidangan, sambutan hangat, atau pengondisian suasana yang pas. Jika suguhan yang diberikan tuan rumah sesuai yang diharapkan tamu, maka ia akan betah berlama-lama bertamu.

Keempat, berikan kebebasan kepada pengunjung untuk menikmati isi blog sesuai seleranya. Seorang blogger biasanya tidak suka kalau konten yang dibuatnya dengan bersusah payah dicopas begitu saja oleh pengunjung. Sehingga, biasanya ia menerapkan suatu kode yang membuat pengguna tidak bisa copas artikel yang dibaca. Hal ini sebenarnya bukanlah cara yang baik mengingat mayoritas pembaca memang suka copas. Cara yang paling bagus menurutku sekedar mengingatkan pembaca untuk menyertakan sumber tulisan atau menerapkan script auto generated source artikel. Masalah ia mau menyantumkan sumber atau tidak ketika dipublikasi ulang, itu urusan dia. Percayalah! Suatu kebaikan yang kita perbuat akan berbuah kebaikan juga. Kalau algoritma Google tidak bisa memberi reward karena tidak bisa mendeteksi duplicate content, Tuhan tidaklah begitu. Suatu saat reward itu akan diberikan. Sekarang biarkan tamu yang berkunjung itu menikmatinya seperti di rumah sendiri.

Kelima, jangan ganggu pengunjung dengan iklan. Seorang blogger yang provit oriented biasanya akan memasang iklan berjubel di blog yang dimilikinya. Tidak puas dengan hanya memasang iklan berbentuk banner, ia pun memasang iklan berupa popunder, interestitial, textlink, afiliasi, dan lain sebagainya bercampur menjadi satu. Iklan yang terlalu banyak akan mengganggu pengunjung dan membuatnya tidak betah berlama-lama berkunjung. Iklan yang mengandung unsur negatif seperti deceptive content atau deceptive attack akan membuat blog semakin tidak dipercaya pengunjung dan jika terdeteksi oleh Google akan dibanned. Simak video di bawah ini mengenai deceptive content dan deceptive attack yang bisa menyebabkan blog kita dibanned oleh Google.

Ketika blog yang kita kelola terdeteksi memasang iklan berupa deceptive content atau deceptive attack, Google akan membannednya dengan ditandai ada block warna merah bertuliskan Deceptive site ahead. Situs yang sudah dibanned oleh Google akan dibanned juga oleh antivirus seperti Avast, AVG, dan lainnya. Ketika sudah dibanned antivirus, otomatis kunjungannya akan berkurang. Pengunjung setia yang mengetahui blog yang disukainya diblog oleh Google atau Antivirus biasanya akan berpikir ulang untuk mengunjunginya lagi. Dalam kata lain, hal itu akan mengurangi kepercayaannya terhadap blog yang disukainya.

Tahukah Kamu Arti esai?

esai /ésai/ n karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close