Nusagaview

5 Keahlian Digital Marketing Ini Harus Segera Kamu Kuasai

Keahlian Digital Marketing – Teknologi terus menerus mengalami perubahan, membuat banyak pebisnis dan digital marketer harus terus memperbaharui ilmu yang dimiliki mulai dari cara otodidak hingga belajar di tempat kursus digital marketing di Codeva Academy.Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan brand awareness and mencapai target yang meningkatkan penjualan dan keuntungan.

 

Sayangnya tak banyak digital marketer yang sadar akan hal ini, sehingga kemampuan yang dimiliki tidak diperbaharui. Sebagai hasilnya, kegagalan dalam menawarkan produk melalui email marketing, memproduksi konten yang tidak banyak dilirik sampai tidak paham dengan sifat pasar. Padahal kemampuan digital marketing bisa dipelajari dengan kerja keras dan kesabaran.

 

Skill Digital Marketing yang Wajib Dikuasai

 

Bagi kamu yang baru saja tertarik dalam dunia digital marketing juga tak perlu takut untuk belajar. Ada banyak cara untuk mempelajari skill yang dibutuhkan untuk membuat iklan produk atau konten yang menarik. Belum lagi menemukan niche menarik dan mampu berkompetisi dengan produk kompetitor.

 

Berikut ini lima skill yang akan membantumu untuk bisa terus berkecimpung dalam bidang digital marketing yang terus berubah.

 

  1. Data Analisis

 

Ada begitu banyak tools analisis yang tersedia, inilah yang membuat digital marketer kaya akan informasi yang dibutuhkan. Seperti mengenali siapa saja konsumen dan berada di area mana saja. Sehingga bisa menyasar pasar yang tepat dengan konten. Data analisis mengacu pada keahlian fungsional atau teknik dalam menggunakan software dalam memperoleh data dan menganalisisnya.

 

Data bisa saja berasal dari berbagai macam interaksi yang telah dilakukan oleh pasar. Baik itu konten yang disukai, transaksi online yang dilakukan, data pencarian, dll. Perlu diingat bahwa data yang didapatkan tidak akan menjadi berguna jika kamu tak memiliki kemampuan analisa.

 

  1. Kemampuan menulis dan editing

 

Kunci utama dari digital marketing adalah konten. Kemampuan menulis dan editing lebih dari sekedar memproduksi artikel untuk diposting pada blog. Menulis adalah soal bagaimana menciptakan koneksi dengan target audience menggunakan pesan yang relevan dan menarik. Tujuannya tentu saja supaya audien melakukan aksi sesuai yang diinginkan penulis.

 

Buatlah sebuah tujuan, yaitu membuat konten yang terus memiliki relevansi hingga dua atau tiga tahun mendatang. Supaya informasi yang diperoleh seseorang mulai dari pertama kali diterbitkan hingga beberapa tahun mendatang masih dibutuhkan.

 

  1. SEO dan SEM

 

Konten yang dibuat sudah berkualitas, tapi tetap saja tidak akan berguna jika tak ada orang yang menemukannya. Ingatlah bahwa strategi supaya konten naik adalah melalui Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Mengetahui tentang SEO dan SEM adalah eksekusi terbaik untuk strategi marketing yang diterapkan.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa algoritma Google selalu diupgrade dan penting untuk menggunakan keyword secara spesifik dan relevan. Dengan perubahan yang terjadi, penting untuk selalu up to date dengan algoritma terbaru. Di saat yang bersamaan, digital marketer juga perlu strategi terbaru untuk menaklukan algoritma pada konten yang dibuat.

 

  1. Sosial Media

 

Sosial media telah menjadi wadah yang sangat besar untuk publik melakukan percakapan dan berkumpul. Sebagai digital marketer, kamu perlu memanfaatkan hal ini menjadi keahlian yang mendukung pekerjaan. Kamu mungkin sudah familiar dengan beberapa sosial media karena telah menggunakannya. Namun belum cukup sebagai keahlian digital marketing.

 

Kamu harus tahu bagaimana cara posting secara reguler dan konsisten yang tepat. Bukan hanya itu saja, karena tujuannya adalah menarik target konsumen maka ada iklan, akun bisnis, grup dan masih banyak lainnya yang harus diikuti.

 

  1. Dasar Desain

 

Dalam dunia marketing tak mungkin hanya memanfaatkan konten dalam bentuk teks saja. Perlu peran serta dari desain yang menarik perhatian dan tak dapat dipungkiri jika software seperti Photoshop, Lightroom, Coreldraw, dll menjadi skill tersendiri yang perlu dikuasai.

 

Tujuan utama memiliki pemahaman tentang dasar-dasar desain atau menguasai software desain tertentu akan mempermudah jika desainer tidak mampu memberikan hasil yang diinginkan. Jadi kamu bisa menjelaskan desain seperti apa dan bagaimana cara untuk mendapatkan desain yang tepat untuk konten.

 

Disamping lima keahlian di atas, kamu harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat dan belajar lebih mandiri. Selalu tingkatkan hardskill dan softskill untuk bisa naik dalam karir dan jika belajar secara otodidak tidak efisien maka coba Kamu ikuti kelas kursus digital marketing di Codeva Academy dan semoga saja artikel ini bermanfaat.

 

Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close