Iklan
Nusagatrip

5 Hal yang Harus Disiapkan Agar Travelling ke Lombok Aman dan Nyaman

Travelling selalu punya cerita sendiri. Bahkan orang yang sama travelling di tempat yang sama, hanya waktunya yang berbeda saja bisa menciptakan kenangan tersendiri. Travelling ini menantang, menguji kesabaran. Enggak heran kalau ada yang bilang, “Jika kamu ingin tahu sifat aslinya, lakukan perjalanan selama beberapa hari bersamanya.”

Kegiatan paling asik untuk menyelidiki sifat asli calon pasangan? Eh. Jangan, ntar kebablasan. Hahaha.

Lombok menjadi tujuan paling hits belakangan ini meski sempat menurun pasca diguncang gempa. Kesegaran Gili Trawangan, magisnya sunshet di Bukitr Merese, Klasiknya Desa Wisata Sade, dan… memukaunya pantai Tanjung Aan hanyalah empat diantara belasan kemolekan Lombok.

Meski digadang-gadang sebagai the next Bali, Lombok masih terbilang sepi jika dibandingkan dengan Bali, Jogja atau Bandung. Butuh jiwa petualang untuk menikmatinya sendiri dengan gaya backpakeran tanpa tour guide. Jika kita enggak berani untuk mengambil resiko jalan sendiri ke Lombok, ada paket tour murah Lombok yang bisa kita pilih untuk meng-handle tour kita selama di Lombok. tourguidelombok.com menjadi salah satu pilihan dengan berbagai paket tour murah yang ditawarkan.

Tetap ingin menguji adrenalin backpakeran dengan pasangan atau sahabat untuk travelling ke Lombok? Selalu perhatikan hal-hal berikut agar travelling dan nyaman, ya.

Persiapkan Rencana Perjalanan yang Matang

Emak K sering melakukan perjalanan tanpa rencana. Bukannya menikmati, saat di hotel malah debat tempat mana saja yang ingin dikunjungi. Enggak jarang waktu short trip, kami masih debat mau kemana travellingnya 5 menit sebelum memutuskan untuk berangkat.

Hasilnya enggak maksimal. Pulang-pulang nyesel, kok enggak ke tempat a yang bagus pemandangan alamnya. Kok enggak ke tempat B yang bisa buat main si K sepuasnya. Jadi kalau ke Lombok, better putuskan dari rumah jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Rencana perjalanan ini menjadi pijakan utama untuk memandu kita memilih hotel, transportasi, tiket yang diperlukan. Juga mengira-ngira seberapa banyak budet yang harus kita siapkan. Enggak banget kan kalo ternyata tempatnya asik buat snorkeling tetapi budgetnya enggak ada, sudah jauh-jauh ke Lombok pulak.

Siapkan Obat-obatan atau Peralatan Pribadi dengan Matang

Di Lombok agak jauh dari pusat perbelanjaan dan kita bakal kesulitan untuk membeli barang-barang keperluan pribadi. Maka selalu persiapkan obat-obatan kita, juga barang pribadi seperti pembalut atau alat pengupas buah, pisau dan blender untuk kamu yang food combining.

Jika kita travelling dengan membawa anak balita, selalu siapkan camilan, tisu basah dan diapers atau clodi. Jangan sampai mengalami kayak emak K yang travelling malah bingung mencari penjual diapers, tisu basah dan camilan untuk si K.

Download Peta Offline Google Maps atau Waze pada setiap Tempat Tujuan

Lombok tempatnya cenderung sepi, apalagi jika kita mengambil destinasi tempat wisata yang jauh dari kota. Jalan-jalannya sepi, dengan rumah penduduk yang jarang, sinyal juga acapkali timbul tenggelam. Agar tidak kesasar-sasar, selalu download peta offline yang bisa memandu kita meskipun sinyal timbul tenggelam.

Siapkan Selalu Dana Darurat Cash yang Siap Ditarik Kapan Saja

Jangan travelling gaya backpakeran dengan budget ngepres tanpa dana darurat. Kita enggak tahu apa yang bakal menjadi tantangan kita saat Travelling ke Lombok. Entah makanan yang harganya berkali lipat dari estimasi, entah kegawat daruratan lain yang bakal menguras budget kita.

Jangan Mudah Percaya Orang Asing, Tanyakan Sesuatu ke Pos Polisi

Lombok cenderung aman, tetapi tetap saja ada orang-orang nakal yang mengambil kesempatan. Selalu tanyakan sesuatu kepada polisi. Jika ada orang asing yang menawarkan bantuan, better ditolak dengan halus karena beberapa traveller mengalami pelecehan dari orang asing.

Jika enggak ada pos polisi terdekat, bisa bertanya kepada penjual makanan yang ada di sekitar. Tetap harus waspada. Selalu tanyakan dengan detail apabila ada yang menawarkan dagangan atau jasa. Emak K pernah membaca pengalaman seorang traveller yang menerima tawaran petugas hotel untuk diantar ke tempat oleh-oleh dengan gratis, ternyata dikepruk nraktir makan.

Siap backpakeran? Yuk, semoga liburannya menyenangkan, aman dan nyaman ya. Have a Nice Holiday, salam untuk Rinjani yang gagah.

 

Iklan
Tanya Jawab Anda memiliki pertanyaan seputar artikel yang dibahas atau topik lain? Silahkan ajukan pertanyaan Anda melalui program Tanya Nusagates atau posting di Forum Nusagates.
Konsultasi terkait tugas sekolah atau tugas kuliah juga diperbolehkan.
Kata Kunci

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: nusagates@gmail.com. Hubungi via 0822 2500 5825

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close
Close