5 Fakta Buaya yang Harus Kamu Tahu

Buaya merupakan hewan yang memiliki kulit keras, memiliki moncong, jalannya melata dan bentuknya seperti kadal dalam versi lebih besar dan garang. Buaya biasa hidup di air, namun sewaktu waktu dia akan pergi ke daratan untuk berjemur. Binatang yang menyeramkan ini punya sederet fakta buaya yang menarik untuk dikulik.

Ada beberapa jenis buaya yang bisa dilihat dari perairan tempat tinggalnya yaitu buaya air tawar, buaya air payau atau buaya muara dan buaya air asin. buaya merupakan satu satunya hewan purbakala yang bertahan hingga saat ini, meskipun tubuhnya mengalami sedikit evolusi dari bentuk tubuhnya di zaman prasejarah.

Buaya adalah perenang yang cepat

Buaya terlihat berbadan besar dan terkesan lamban saat naik ke permukaan. Namun, buaya memiliki tipe badan torpedo atau streamline yang bisa membuatnya berenang dengan cepat. Ia melipat kakinya ke dalam melekat pada badannya untuk mengurangi hambatan air dan membantunya untuk lebih cepat berenang. kecepatannya bisa mencapai 15km/jam.

Buaya tidak bisa berkeringat

Buaya tidak bisa berkeringat karena kulitbya yang tebal dan keras. Mereka mengeluarkan udara panas di tubuhnya dengan membuka mulutnya sambil berjemur di daratan. Mereka juga terbiasa tidur dengan membuka mulut loh.

Buaya mengangkut bayinya di mulut

Saat bayi buaya menetas dari telur dan siap untuk di bawa ke perairan. Induk buaya meletakkan mereka di mulut lalu memindahkannya dari darat ke perairan

Umur buaya lebih panjang daripada hewan lain

Buaya bisa hidup lebih lama dari hewan lain. Buaya rata rata bisa hidup 30-40 tahun. Spesies buaya yang berukuran lebih besar bisa hidup antara 60-70 tahun. Ada juga yang menyebutkan bahwa buaya dapat hidup sampai 100 tahun, namun belum ada bukti ilmiah jika buaya mampu hidup sampai lebih dari 100 tahun.

Program Jenis Kelamin bayi buaya

Disebut program karena jenis kelamin bayi buaya dapat diatur sebelum menetas. Hal ini dikarenakan suhu sarang saat pengeraman bisa mempengaruhi jenis kelamin dalam telur. Untuk memperoleh bayi buaya jantan diperlukan suhu sarang diatas 32°C. sedangkan untuk bayi buaya betina, perlu diatur suhu sarangnya dibawah 32°C.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Sourceourplnt

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit