Nusagatrip

5 Destinasi Impian Gunung Bromo

Malang sudah menebarkan pesonanya kepadaku sejak aku menginjakkan kaki pertama kali di tahun 2013.  Dulu aku jalan-jalan bersama teman LDK di kampus UIN Malang selama sehari, namun tidak sempat mengeksplore kemolekan wisatanya hingga aku bertekad untuk kembali ke sini lagi suatu saat nanti.

Salah satu destinasi impian yang ingin kukunjungi bersama keluarga kecilku adalah Gunung Bromo. Gunung yang terletak di Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang ini menyihir dengan kawah berpasirnya. Kukira pesona Gunung Bromo hanya sebatas melihat lautan pasir dan kawah saja, ternyata setidaknya ada 7 kawasan wisata yang bisa kita nikmati ketika mengeksplor Gunung Bromo.

Sunrise Point Gunung Bromo

Hola pengejar Sunrise! Bagi penikmat sunrise, Sunrise Point Bromo harus masuk ke list wajib selama trip ke Gunung Bromo. Nikmati indahnya kabut dan sinar matahari yang menyapa Gunung Bromo dan Gunung Batok. Setidaknya ada 4 spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Gunung Bromo; Pos Dingklik-Pasuruan, Bukit Cinta-Pasuruan. Bukit Kingkong-Pasuruan dan Bukit Penanjakan Pasuruan.

Sunrise Point Bromo
Sunrise Point Bromo. Sumber: Pixabay

Keempat spot terbaik tersebut memungkinkan kita untuk melihat matahari terbit dengan latar belakang Gunung Bromo dan Gunung Batok. Dari Keempat spot terbaik ini,Penanjakan merupakan spot sunrise point yang memiliki fasilitas terlengkap dari mushola, toilet hingga penjaja makanan.

Bukit Widodaren

Bukit Widodaren yang terletak di dekat Gunung Bromo dan Semeru ini menarik dengan Goa Widodarennya yang memancarkan mata air pada dindingtebing dekat dengan Goa. Mata airyang keluar sepanjang dinding dekat Goa Widodaren dipercaya mampu membuat hasil panenmelimpahoelh masyarakat.

Dipercaya sebagai mata air suci, air dari dinding Goa Widodaren menjadisalah satu sesajen wajib yang dibawa pada saat Upacara adat Kasodo yang diselenggarakan setiap tahun oleh masyarakat Tengger di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Selain dipercaya sebagai pelimpah hasilpanen dan mata air suci,mata air di dinding Goa Widodaren juga dipercaya membuat awet muda siapapun yang minum airnya.

Wah, mau nyoba? Hahaha

Kawah Bromo

Sebagai gunung berapi aktif Indonesia, Kawah Bromo mengeluarkan asap ketika erupsi aktif. April 2019, wisata Kawah Bromo ditutup untuk umum karena Gunung Bromo mengalami erupsi aktif. Wisatawan hanya diperkenankan untuk menikmati Gunung Bromo maksimal 1 km dari bibir kawah.

Kawah Bromo
Kawah Bromo. SUmber: Pixabay

Sebagai penikmat tradisi Indonesia, emak K pengen menjumpai tradisi Yadnya Kasada. Tradisi inimerupakan tradisi suku Tengger untuk mensyukuri nikmat yangtelah diberikan oleh sang Hyang Widhi. Suku Tengger bersama-sama beriringan membawa sesaji ternak dan hasil pertanian ke Pura Luhur Poten dan menunggu sampai tengah malam ketika dukun menahbiskan para tetua.

Sesaji yang sudahdipersiapkan kemudian dilempar ke dalam kawah sebagai bentuk sumpah atau rasa terimakasih atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah. Tradisi Yadnya Kasada dilaksanakan pada 17-19 Juni 2019. Wah, bentar lagi nih. Tjotjok untuk liburan di saat lebaran. Emak K mau siap-siap sodorin proposal ke abah K. Rombongan, yuk?!

Pasir Berbisik

Pasir berbisik? Apakah sebegitu magisnya pasir di Gunung Bromo hingga bisa berbisik laiknya emak-emak yang sedang ngerumpi? Eh. Emak K sampe membayangkan akan menempelkan kuping di Pasir Berbisik. Hahaha. Awal mula nama Pasir Berbisik ternyata berasal dari film besutan sutradara Nan Achnas berjudul Pasir Berbisik pada tahun 2011.

Pasir Berbisik Bromo
Pasir Berbisik Bromo. SUmber:Pixabay

Konon, di Pasir Berbisik yang wujudnya berupa lautan pasir ini akan berbisik ke telinga pengunjung ketika angin bertiup dan pasir-pasir beterbangan. Hmmm, emak K bisa denger enggak ya?Untuk menikmati pasir berbisik,kita bisa memilih dengan menyewa kuda atau jip. Cukup banyak persewaankuda dan jip di sekitar Bromo, tinggal pilah-pilihyang sesuai dengan budget kita.

Padang Savana

Bromo tidak hanya tentang lautan pasir yang gersang, Bromo juga mempunyai hamparan padang hijau sepanjang mata memandang. Padang Savana Bromo terletak di sebelah selatan Gunung Bromo. Disini kita akan disuguhi pesona padang rumput hijau yang menyegarkan pikiran, dipadukan dengan suasana hening dan udara yang sejuk.

Hijau dan berundaknya Padang Savana mengingatkanku dengan Teletubies dan senyum cerianya. Anak angkatan90-an pasti akrab dengan kartun Tinky Winky, Dipsy, Lala, Pooh dan senyum bayi lucu di matahari terbitnya. Awalnya emak K menyangka jika Padang Savana dan Bukit Teletubies berbeda tempat. Ternyata setelah menelusuri, Bukit Teletubies juga terletak di Padang Savana. Hijaunya Padang Savana kayaknya enak buat glundang-glundung bareng si K. Ini Emak mau nge-trip apa mau tidur sih? Heuheuu.

5 destinasi yang ingin dikunjungi, akankah sanggup menuntaskan dalam sehari? Sebagai penikmat alam yang betah nongkrong berjam-jam,daku rasanya enggak bakal rela ngebut menikmati setiap destinasi hanya dalam hitungan menit.Apalagi bawa bocah yang pantang capek berlebihan. So, emak K berencana untuk menginap di Malang dan mencari hotel di Malang yang nyaman dan sesuai dengan budget yang telah direncanakan.

Kenapa di Malang? Bukan di sekitaran Bromo saja? Karena emak K berencana untuk mengeksplor sehari semalam di Bromo dan kawasan Malang pada hari berikutnya. Kami datang di sore hari dan menabung energi di hotel untuk petualangan ke Bromo pada dini hari berikutnya. Kemudian istirahat sepulang dari Bromo dan plesiran tipis-tipis keesokan hari sebelum balik ke rumah lagi. Ya, kami berencana memilih paket wisata Bromo start dari Malang. Kan banyak tuh pilihan penyedia paket wisatanya.

Untuk hotel, emak K memilih mengunjungi laman travelling andalan  pegipegi.com. Di Pegipegi tersedia hotel dengan banyak pilihan. Sebagai member, kita dimanjakan dengan poin dan diskon yang bisa kita gunakan untuk pemesanan berikutnya selama kita menjadi member.

Memilih Hotel di Malang Melalui Pegipegi
Memilih Hotel di Malang Melalui Pegipegi

Emak K jatuh hati dengan The Batu Villas yang kental dengan nuansa alamnya. Pegipegi menyediakan banyak pilihan hotel dari beragam fasilitas dan harga. Dari homestay sampai hotel bintang lima tersedia disini. Enak, ya, kita tinggal menyesuaikan budget yang telah disiapkan, tidak perlu berpindah-pindah website atau aplikasi lainnya.

hotel di Malang pegipegi
The Batu Viilas, hotel di Malang pegipegi

Fitur filter Pegipegi tersedia berdasarkan tarif kamar, bintang hotel, hotel area, fitur hotel, dan tipe hotel memudahkan kita untuk memilih hotel sesuai dengan keinginan. Kita enggak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan apakah fitur hotelnya sesuai dengankebutuhan,apakah hotelnya dekat dengan destinasi impian. Cukup memanfaatkan fitur filteryang disediakan oleh Pegipegi.

So, siap liburan ke Malang setelah lebaran, Gengs? Bareng, yuk!

 

 

Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close