5 Contoh Doa untuk Bertambahnya Usia

Bertambahnya usia adalah salah satu saat istimewa yang lazimnya dirayakan. Selain kelahiran bayi, lamaran atau pertunangan dan pernikahan, bertambahnya usia atau yang dikenal dengan ulang tahun biasa diperingati dengan acara khusus yang berkesan. Ulang tahun tak wajib dirayakan, namun lima contoh doa untuk bertambahnya usia adalah hal yang patut dilakukan.

Pentingnya Berdoa saat Usia Bertambah

Seberapa penting merayakan ulang tahun untuk diri sendiri? Cara menyikapi bertambahnya usia pada setiap pribadi tidaklah sama. Namun berdoa dalam setiap kesempatan, terutama saat ulang tahun merupakan salah satu hal positif yang bisa dilakukan siapa saja. Beberapa alasan berikut ini memotivasi setiap insan untuk berdoa di hari ulang tahunnya:

  1. Ulang tahun adalah momen merenung dan mawas diri

Setiap tahun berganti, setiap itu pula usia bertambah. Ulang tahun adalah saat tepat untuk merenung dan mawas diri. Adakah dengan bertambahnya usia sudah meraih cita-cita, apakah telah berbuat sesuatu yang membanggakan keluarga dan bermanfaat bagi sesama? Jika masih banyak keinginan dan harapan belum tercapai maka doa akan menguatkan niat dan tekad meraih cita-cita dan mewujudkan harapan.

  1. Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan

Berdoa adalah cara makhluk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Adakalah momen yang lebih romantis daripada saat ngobrol, mendekatkan diri pada Sang Pencipta di hari kelahiran? Di hari kelahiran adalah momen indah untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan dan memohon agar diberikan kemudahan dan keberkahan dalam kehidupan.

  1. Mengingatkan diri akan bekal kematian

Setiap yang hidup pasti akan mati. Bertambahnya usia sekaligus adalah momen pengingat bahwa jatah hidup di dunia berkurang juga. Ulang tahun adalah saat mengingatkan diri sendiri tentang kematian yang selalu datang tanpa pemberitahuan sebelumnya. Berdoalah di hari kelahiran agar senantiasa mampu menyiapkan bekal terbaik untuk menjemput kematian.

Lima Contoh Doa untuk Bertambahnya Usia

  1. Selamat ulang tahun wahai diri, jadilah pribadi yang lebih baik dari hari ini

Rasulullah pernah berpesan bahwa orang yang merugi adalah orang yang tak lebih baik dari hari kemarin, orang yang beruntung adalah orang yang lebih baik dari hari kemarin dan orang yang bangkrut adalah orang yang lebih buruk dari kemarin. Ketika ulang tahun tak ada salahnya berdoa agar diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik agar menjadi golongan orang yang tak bangkrut atau merugi.

  1. Ya Allah karuniakanlah kepadaku usia yang berkah

Kesuksesan sejati adalah keberkahan yang diperoleh sepanjang usia. Hidup yang penuh berkah dan bermanfaat bagi sesama.

  1. Ya Allah Dzat yang Maha Memberi, berilah aku kesehatan dan keberkahan rezeki

Berdoa menjadi salah satu penyebab seorang hamba tidak merasa paling kuasa. Dengan merendah dan memohon di hadapanNya akan menumbuhkan rasa rendah hati dan welas asih. Tak perlu ragu memohon doa mohon kesehatan dan rezeki.

  1. Terimakasih ya Allah atas usia dan kehidupanku, tuntunlah aku agar selalu berada di jalanMu

Ungkapkan rasa syukur kepada Allah. Barangsiapa yang senantiasa bersyukur maka kepadanya nikmat akan ditambah. Teruslah berdoa untuk berbuat kebaikan dan berada di jalan kebaikan secara konsisten dan istiqomah.

  1. Ya Allah entah berapa lama hidupku nanti, mohon kelak aku menghadapMu dalam akhir yang indah

Setiap kali ulang tahun dan diingatkan kepada kematian, setiap kali itu pula hendaknya berdoa kepada Allah untuk akhir kehidupan yang baik dan indah. 

Bertambahnya usia adalah momen istimewa. Hendaknya di hari ulang tahun tak hanya umur yang bertambah tua, namun pemikiran dan perilaku juga semakin dewasa. Salah satu cara bijak merayakan ulang tahun adalah dengan bersyukur dan berdoa.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit