Nusagaview

5 Cara Praktis Memilih Broker Saham yang Berkualitas

Broker merupakan tempat untuk menghubungkan Pasar Uang dunia. Transaksi yang dilakukan memiliki sistem jual beli secara praktis. Misalnya melalui sistem online, karena memiliki pelayanan 24 jam. Sedangkan saham adalah modal yang dijadikan investasi ke dalam perusahaan tertentu. Saham berbentuk surat berharga antara pemilik saham dan pemilik perusahaan.

Investor yang menanam saham akan memiliki sebagian perusahaan. Sehingga, kamu bisa melakukan rencana jangka pendek dan panjang untuk kemajuan tempat usaha. Selain itu, atas kerjasama, kamu mendapatkan berbagai hasil dari pekerjaan tersebut.  Seperti bonus, promosin untuk menanam saham, pengalaman, dan keuntungan yang lain.

Berikut adalah 5 cara praktis memilih broker saham yang berkualitas. Mendapatkan keamanan transaksi yang terjamin. Selain itu, banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Keamanan Sekuritas Perusahaan

Keamanan sekuritas perusahaan meliputi legalitas di OJK atau Otoritas Jasa keuangan dan BEI. Sebelumnya, harus mengetahui manajemen dan latar belakang jasa keuangan tersebut. Tujuannya menghindarkan dari penipuan. Tidak sedikit perusahaan memiliki latar belakang yang tertutup.

Selain itu, kamu bisa mencari informasi mengenai profil perusahaan yang diiniginkan. Mungkin bisa melalui ulasan web site resmi perusahaan. Ada berbagai macam sekuritas perusahaan yang bisa dijadikan referensi memilih broker saham. Diantaranya tercatat sebagai anggota bursa, broker asing dan lokal.

Memudahkan Calon Investor

Peraturan SEOJK nomor 6/SEOJK 04/2019 memberikan kemudahan bagi calon investor. Calon investor akan mendapatkan buku rekening dengan Efek Nasabah dan rekening dana nasabah secara elektronik.

Kamu tidak perlu mengisi formulir FPR yaitu yang membuka rekening. Broker saham yang berkualitas juga tidak perlu membuka rekening dana investor dengan cara tradisional. Kamu juga perlu memilih opsi perusahaan sekurtitas yang menggunakan teknologi online untuk memudahkan investasi.

Mempertimbangkan Fasilitas Margin Trading

Fasilitas margin yaitu dana setoran bagi nasabah dengan aset saham 100 juta rupiah. Selain itu, kamu juga harus mengetahui syarat atau bunga perhari atau pertahunnya. Karena kamu akan mendapatkan lebih banyak pinjaman dana untuk transaksi saham.

Misalnya, batas limit margin mencapai 500 juta rupiah, biayanya 0,045% perhari. Selanjutnya, broker saham mengakumulasikan dalam hitungan bulanan. Namun, aset/portofilio yang dimiliki sangat berbeda-beda di setiap perusahaan sekuritas.

Rekening Saham Khusus Syariah

Rekening saham khusus syariah disediakan untuk permintaan perusahaan efek yang mempunyai sistem sharia online trading system. Karena sistem syariah banyak diminati oleh kalangan tertentu. Namun, jenis sistem tersebut belum disahkan secara detail.

Karena para ahli dibidangnya masih membatasi antara syariah dan non-syariah pada broker saham. Sehingga, para investor didapatkan dari broker. Akan tetapi, jumlah investor untuk tahun 2019 sekitar 47.306 rekening.

Mengetahui Biaya Transaksi

Mengetahui biaya transaksi seperti investor trading. Sehingga, transaksi saham yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang lebih banyak. Contohnya, 0,15%-0,25% merupakan fee sekuritas jual beli.

Fee beli 0,15% diberikan beban dari nilai saham yang dibeli. Sedangkan 0,25% nilai saham yang dijual. Jika transaksi yang dilakukan 10 juta. Maka, beban fee 15 ribu. Jika ingin menjual dengan nilai saham yang sama, maka beban fee jual 25 ribu rupiah. Biaya transaksi jual beli atau fee sangat penting untuk mengetahui untung investor broker saham.

 

Demikian 5 cara praktis memilih broker saham yang memiliki kualitas. Setiap perusahaan, contohnya Mandiri Sekuritas memiliki promo yang memberikan banyak keuntungan bagi investor. Sehingga, kamu yang sudah memiliki pengalaman akan aman saat melakukan transaksi. Pastikan nilai investasi saham yang ditanam sesuai peraturan perusahaan sekuritas.

 

Kata Kunci

Widi Utami

Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Tanggapan Kamu?

Back to top button
Close