4 Konsep Penting POC Dalam Bisnis 

Perkembangan produk oleh para startup saat ini membuka peluang bisnis yang lebih besar lagi. Demi perkembangan produk, para startup bisa mengenal konsep POC dalam bisnis. Dengan hadirnya POC sangat membantu lebih resmi pengenalan produk dibandingkan dengan free trial, demo dan lainnya.

Dalam bidang startup, Proof of Concept ini memberikan gambaran jelas dalam pengenalan produk secara menyeluruh. Memadukan konsep modern, secara tampilan dan kecanggihan teknologi, maka POC sangat membantu para startup dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk lebih detail dan bisa di konsep dari awal maka startup perlu memahami POC dan menganalisa lebih awal apa yang penting dipersiapkan.

Apa itu POC?

POC merupakan sistem yang dibuat lebih resmi dari versi free trial dengan tampilan yang lebih detail. Dimana setiap produk akan terlihat jelas dan disosialisasikan lebih efektif juga efisien. Dengan hadirnya Proof of Concept ini sangat membantu para startup dalam memperkenalkan produknya kepada calon pengguna secara detail.

Biasanya sebuah produk hanya diperkenalkan versi free trial saja dan terbatas pada waktu. Selain itu pula, tampilan yang diperlihatkan juga lebih sederhana dibandingkan dengan hadirnya POC. Dalam bisnis, POC akan lebih membantu untuk bisa mewujudkan bagaimana produk tersebut bisa dikenal baik dan menyesuaikan kebutuhan calon pengguna.

Implementasi saat mengenal konsep POC dalam bisnis akan memberikan arah yang lebih terencana. Dimana pemahaman tingkat tinggi akan diberikan kepada calon pengguna mengenai produk dari para startup. Penyedia produk juga bisa menyesuaikan kebutuhan calon pengguna dan memberikan fasilitas terkait produk tersebut.

Pada dasarnya, hadirnya Proof of Concept ini sangat membantu para startup untuk berkembang lebih besar lagi. Setiap produk yang ada bisa dikenalkan berdasarkan kebutuhan para calon pengguna. Dengan memberikan setiap detail tampilan produk, mendapatkan persetujuan juga memberikan fasilitas setelah POC akan menyempurnakan pengenalan produk para startup.

Hadirnya Proof of Concept yang lebih fleksibel daripada free trial, pastinya dibutuhkan banyak persiapan. Para startup bisa memulai melakukan analisa ketika akan menggunakan POC untuk strategi bisnisnya. 

Cara Mempersiapkan Proof Of Concept

Ada banyak cara dalam memperkenalkan produk, seperti demo, free trial dan salah satunya adanya POC. Kehadiran Proof of Concept akan sangat membantu penerapan melalui aplikasi yang lebih baik. Sehingga secara kualitas dan kuantitas, produk bisa menjadi lebih dikenal dan lebih detail sesuai kebutuhan pengguna.

Dalam pemanfaatan teknologi saat ini, apalagi ditambah dengan berkembangnya produk dari para startup. Maka strategi perkenalan produk bisa dengan mempersiapkan Proof of Concert. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika memilih strategi POC,  yaitu:

1.Memahami Kebutuhan Pengguna

Langkah awal saat ingin memahami kebutuhan pengguna, maka para startup bisa melakukannya dengan riset pasar. Hal ini akan sangat membantu ketika akan menuangkan ide pada Proof Of Concept yang akan dibuat. Solusi yang ditawarkan juga yang pengguna butuhkan bisa menjadi dasar saat pembuatan aplikasi berbasis POC.

2.Memperhatikan Durasi Proof of Concept

Ide untuk pembuatan produk melalui strategi POC bisa dengan memperhatikan durasinya. Kondisi ini sangat penting untuk dilakukan mengingat dalam ruang lingkup POC, mengeksekusi ide yang sesuai produk dan bisa diimplementasikan oleh pengguna menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Dengan begitu tampilan POC bisa lebih efektif dan menghindari susulan tampilan dari pesaing lainnya.

3.Menentukan Ruang Lingkup POC

Penentuan ruang lingkup POC juga menjadi bagian penting dan cara menentukan bagaimana produk diperkenalkan pada pengguna. Dengan adanya ruang lingkup yang tepat, hasil dari POC bisa dievaluasi secara akurat. Selain itu pula bisa menjadi acuan ketika terjadi ketidaktepatan dalam pengenalan produk.

4.Gunakan POC Dengan Strategi Terbaik

Pengembangan bisnis sangat penting bagi para startup saat ini, adapun POC bisa menjadi strategi terbaik dalam memperkenalkan produk. Ide yang sudah ada, konsep yang dibangun juga tampilan yang lebih resmi. Pastinya menghadirkan nilai lebih kepada para startup dalam memberikan detail produk kepada penggunanya.

Pada perkembangannya, Proof Of Concept ini melibatkan tampilan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Selain itu pula pentingnya dalam mengembangkan durasi waktu juga fasilitas menjadi keunggulan tersendiri dalam strategi POC. Apalagi untuk para startup yang sedang mengembangkan bisnisnya, penyelenggara POC akan sangat membantu dalam pengenalan produk yang minim kegagalan.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Widi Utami
Widi Utamihttp://widiutami.com
Home Based Education Interested. Love reading, writing and travelling. Interested in blogging. Live in Salatiga, a small city near Merbabu Mountain

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit