4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS

Semakin banyaknya penduduk memerlukan semakin banyaknya lahan yang digunakan untuk tempat tinggal. Dikota besar, lahan menjadi buruan bagi setiap keluarga untuk membangun rumah. Karena banyaknya peminat, harga lahan menjadi sangat tinggi sehingga membuat banyak masyarakat yang memilih untuk membeli lahan dengan ukuran yang kecil. Untuk mensiasati penggunaan lahan kecil ini sebagai hunian, diperlukan desain yang tepat supaya penggunaannya bisa optimal. Salah satunya yakni menggunakan desain rumah minimalis.             

Rumah minimalis menjadi salah satu jenis rumah yang menjadi idaman bagi banyak orang karena desainnya yang cantik dan sederhana. Selain itu, rumah minimalis biasanya tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas bahkan sempit dengan optimalisasi seluruh elemen cahaya matahari, siklus udara dan air yang memadai sehingga mampu mengurangi biaya perawatan rumah setiap bulannya. Berikut merupakan beberapa contoh desain minimalis yang dapat menjadi inspirasi

  1. Tipe mezzanine

Menurut rumah.com, tipe mezzanine dapat dikatakan seperti sebuah balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan. Tipe mezzanine memiliki lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap atau plafon, dengan luas yang biasanya hanya sepertiga dari luas ruangan. Berikut adalah gambar tipe mezzanine

4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 1
Rumah Tipe mezzani Foto: Instagram Studio Nafia

Pada gambar tipe mezzanine ini, fasad rumah terlihat memiliki atap yang sangat tinggi seperti rumah dua lantai. Jika dilihat dari dalam, rumah tipe ini akan terlihat luas, lapang dan tidak sumpek. Tambahan kaca diatas pintu dapat mengoptimalkan pencahayaan dari sinar matahari. Atap yang tinggi serta adanya taman yang berada di depan, samping hingga belakang rumah memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan segar. Selain itu, adanya roster sebagai pemisah taman depan dengan taman samping rumah memberikan area privasi yang nyaman karena sirkulasi udara masih tetap terjaga dan kegiatan didalam rumahpun tidak terlihat dari luar. Rumah tipe mazanine ini memiliki carport, taman, ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur dan area laundry. Lantai tambahan atau mezzanine berada diatas laundry room dan kamar mandi. Lantai tambahan ini dapat difungsikan sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Kekurangan dari penggunaan tipe mezzanine ini adalah pada proses renovasi karena apabila ingin menambah ruangan ataupun lantai memerlukan desain ulang supaya rumah tetap sesuai dengan fungsi awal, yakni sirkulasi udara, pencahayaan dan penggunaan ruangan yang bagus.

  • Tipe small house


4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 2
Rumah tipe small house Foto: Instagram Studio Nafia

4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 3
Design rumah tipe small house, foto IG Studio Nafia
4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 4
Denah rumah tipe small house Foto: Instagram Studio Nafia

Rumah tipe small house ini memiliki 2 laintai dan luas 60m2 dengan fasad rumah simetris berbentuk persegi panjang tanpa adanya balkon maupun jendela yang menjorok ke bagian luar sehingga terlihat rapi. Carport dan taman mini dibagian depan terlihat indah dan tidak berlebihan sebagai pemanis desain rumah.

Dilihat penampakan ruangkan dari samping rumah, pada lantai 1 tipe ini memiliki dapur yang difungsikan sebagai pantry dan ruang makan yang juga digunakan sebagai ruang tamu terletak di sisi depan rumah, selanjutnya ada ruang keluarga di sisi kiri dan toilet disisi kanan ruangan. Paling belakang terdapat area jemur pakaian. Lokasi tangga berada tepat diantara ruang keluarga dan area jemur. Pada lantai 2, difungsikan sebagai area privasi yang berisi 2 kamar dan 1 kamar mandi.

Ventilasi rumah ini terdapat dibagian belakang rumah yang berpapasan dengan area jemur dan berada diatas tangga sehingga memungkinkan cahaya matahari dan sirkulasi udara masuk dengan leluasa. Selain itu, terdapat jendela di tiap kamar lantai 2.

Kekurangan dari tipe ini adalah terbatasnya ruang gerak. Sehingga apabila digunakan oleh keluarga dengan anggota keluarga lebih dari 4 orang akan terasa sangat sempit.

  • Tipe tiny house
4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 5
rumah tipe tiny house IG: Studio Nafia

4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 6
Design rumah tipe tiny house. Foto: Instagram Studio Nafia

4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 7
Denah rumah tipe Tiny House. Foto: Instagram Studio Nafia

Rumah tipe ini berukuran 2,3 x 8 m2 tanpa carport dengan 2 lantai. Pada lantai 1 terdapat 1 kamar tidur kecil untuk 1 orang. Selanjutnya ada ruang keluarga yang juga difungsikan sebagai ruang tamu. Didepannya terdapat tangga yang menghubungkan ke lantai 2. Dibelakangnya, pada bagian kanan ruangaan terdapat dapur dan sebelah kiri difungsikan sebagai kamar mandi. Pada lantai 2, terdapat 1 kamar tidur, ruang terbuka dan balkon yag berisi tanaman. Lay out rumah dengan ukuran sempit ini sangat penting supaya ruangan terlihat luas dan tidak panas maupun sumpek. Namun, jika memiliki anggota keluarga yang lebih dari 3 akan terasa sumpek karena keterbatasan ruang gerak dan jumlah barang yang ada didalam rumah.

  • Tipe Micro house
4 DESAIN RUMAH MINIMALIS DI LAHAN TERBATAS 8
rumah tipe microhouse, instgaram studio nafia

Tipe micro house ini memiliki luas bangunan sebesar 27m2 dan memiliki 1 ½ lantai didalamnya. Rumah 1 ½ lantai sebenarnya hanya memiliki 1 lantai namun diberi tambahan diatasnya supaya dapat digunakan sebagai ruangan tertentu. Di bagian depan sebelum pintu masuk digunakan sebagai ruang tamu sehingga daerah dalam rumah menjadi sangat privat. Selanjutnya, setelah pintu masuk terdapat ruang keluarga. Bagian kiri ruang keluarga, terdapat kamar tidur yang diatasnya merupakan ½ lantai yang difungsikan juga sebagai kamar tidur. Pada bagian kanan ruang keluarga difungsikan sebagai dapur dan kamar mandi. Dibagian luar dapur yang mengarah ke tembok luar, digunakan sebagai area jemur dan juga ruang terbuka untuk dapat mengoptimalkan pencahayaan matahari dan sirkulasi udara. Rumah ini akan terasa sempit jika anggota keluarga lebih dari 4 orang karena keterbatasan ruang gerak dan penyimpanan barang.

***

Pusing ya memilih desain untuk rumah minimalis, itu pun jika kita tinggal di kota besar seperti jakaarta, mencari tanah yang akan dibangun rumah enggak mudah dengan harga yang cukup fantastis untuk ukuran kita yang baru menikah dan kondisi ekonomi belum mapan.

Jika tinggal di Jakarta, apartemen adalah opsi yang boleh dipertimbangkan. LRT Cibubur yang dekat dengan stasiun keberangkatan pertama dari Cibubur, Stasiun Harjamukti, menjadi pilihan yang tepat untuk kita keluarga milinial yang membutuhkan akses cepat ke tempat kerja. Selain dekat dengan Stasiun Harjamukti, tinggal di LRT City Cibubur disedikan fasilitis lengkap dari fasilitas kesehatan, Gym Center dll. Apalagi, LRT Cibubur mengusung konsep pendekatan TOD (Transit Oriented Development) yang memaksimalkan penggunaan angkutan umum dengan fasilitas yang ramah untuk pesepeda dan pejalan kaki.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit