4 Alasan Kenapa Sewa Container Lebih Menguntungkan Daripada Membeli

Zaman terus berkembang, terutama dunia bisnis. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan container meningkat pesat dari sebelumnya. Menanggapi kasus tersebut, banyak bermunculan jasa sewa container bagi para pebisnis yang membutuhkan tempat penyimpanan aman untuk selanjutnya dikirimkan ke pelanggan maupun mitra bisnis. Tarifnya pun cukup beragam tergantung dari kualitasnya.

Sebenarnya, pebisnis bisa saja membeli container daripada harus menyewa. Namun, pada kenyataannya menyewa justru lebih menguntungkan, baik itu dalam hal budget maupun energi. Inilah sebabnya banyak orang lebih memilih menyewa, apalagi jika bisnis masih belum memiliki perputaran arus uang mapan. Lalu, apa saja keuntungan tersebut? Simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Menyewa Container Dibandingkan Membeli

1. Membantu memperlancar arus kas

Seperti kita ketahui, untuk membeli container dibutuhkan uang yang tidak sedikit. Selain itu, pembeli juga harus memikirkan biaya perawatan rutin. Jika tidak, container tidak akan berumur panjang atau sering mengalami kerusakan. Pengeluaran ini tentu saja akan mempengaruhi sistem keuangan bisnis, apalagi jika masih masa merintis. Memilih menyewa bisa membebaskan dari kondisi tersebut.

Di sisi lain, pihak penyewaan pun akan lebih mudah menagih biaya pada klien. Sebenarnya hal ini sudah lumrah pada dunia konstruksi. Jika memilih untuk membeli, maka container harus disewakan. Artinya segala hal harus diperhitungkan sesuai spesifikasi container tersebut. Hal ini tidak perlu dipikirkan apabila lebih memilih menyewa.

2. Mengurangi biaya perawatan

Membeli container berarti semua tanggung jawab atas kerusakan dan perawatan ada di pundak Anda. Hal ini berbeda jika hanya menyewa saja. Tanggung jawab tersebut ditanggung oleh pemilik container, dalam hal ini adalah pihak persewaan.

Sebagai catatan, melakukan perawatan tidaklah mudah. Selain membutuhkan biaya cukup besar, ada energi yang harus dikeluarkan. Jika Anda tidak mampu menjalankan sendiri, maka terpaksa harus mempekerjakan orang lain di mana itu akan memunculkan pengeluaran baru. Inilah sebabnya menyewa jauh lebih menguntungkan daripada harus membeli.

3. Lebih fleksibel

Seiring perkembangan bisnis yang dialami, tentu saja kebutuhan akan container juga akan terus berubah. Bisa jadi di waktu mendatang Anda lebih membutuhkan kontainer berukuran lebih besar. Jika hal ini terjadi, sebenarnya bukan masalah karena hanya perlu menyewa kontainer ukuran lebih besar. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika Anda membeli.

Ketika membeli, mau tidak mau Anda harus membeli kontainer lagi dengan ukuran berbeda. Uang pun mau tidak mau harus dikeluarkan lagi, sementara kontainer sebelumnya bisa jadi tidak digunakan lagi. Kalaupun harus dijual, pasti harganya sudah turun dari harga pembelian awal. Jadi, menyewa sangat menguntungkan dalam hal fleksibilitas.

4. Cocok untuk kebutuhan jangka pendek

Seperti sudah disebutkan di awal bahwa membeli kontainer membutuhkan biaya cukup besar. Jika dibandingkan dengan kebutuhan selama beberapa tahun saja, tentu harga tersebut sangat tidak sepadan dan bisa menyebabkan defisit. Menyewa akan lebih memberikan fleksibilitas karena cenderung lebih murah serta bisa dipesan dalam jangka waktu tertentu saja.

Kesalahan ini cukup sering terjadi pada pebisnis yang belum terlalu memiliki pengalaman. Mereka menyertakan pembelian kontainer sebagai bagian dari modal sehingga akan didapatkan angka cukup besar. Apabila ini tidak diimbangi oleh kestabilan omset, hampir dipastikan keuangan tidak akan sehat dan berakhir pada kebangkrutan atau utang.

Setelah mengetahui keuntungan di atas, langkah berikutnya untuk dilakukan adalah menemukan tempat sewa container terbaik. Salah satu rekomendasi penyewaan terpercaya saat ini adalah Hagajaya Kemasindo Sarana. Berdiri sejak tahun 1995, sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai pengalamannya dalam bidang penyewaan kontainer.

Sampaikan pendapatmu di sini.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit