Nusagatech

11 Alasan Memilih Telegram Dibanding Whatsapp

Aplikasi Whatsapp sangat populer bagi masyarakat di Indonesia. Kehadirannya berpengaruh cukup besar terhadap pola komunikasi di Indonesia. Jika sebelum muncul aplikasi Whatsapp masyarakat masih banyak yang bertukar pesan menggunakan SMS maka setelah munculnya Whatsapp gelompang migrasi dari SMS ke Whatsapp cukup besar.

Empat tahun setelah Whatsapp dirilis yaitu pada tahun 2013, Telegram dirilis oleh Nikolai dan saudaranya, Pavel Durov. Secara umum, fitur-fitur yang ditawarkan Telegram tak jauh beda dengan Whatsapp hanya saja ada beberapa kelebihan dibanding dengan Whatsapp yang jauh lebih dulu lahir.

Apa saja kelebihan Telehram dibandingkan dengan Whatsapp itu? Mari kita simak bersama-sama.

Pesan Disimpan Online

Telegram menggunakan cloud storage untuk menyimpan semua pesan-pesan termasuk teks, gambar, dan video. Berbeda dengan Whatsapp yang menyimpan semua pesannya di memori gadget pengguna. Hal ini tentu saja bisa menjadi solusi pengguna Whatsapp yang sering mengeluh gadgetnya melambat seiring bertambah banyaknya pesan yang dikirim maupun diterima menggunakan Whatsapp.

Pengompresan Media

Telegram menawarkan fitur untuk mengompres media sebelum dikirim. Hal ini tentu saja berguna bagi pengguna yang ingin menghemat paket data untuk mengirim video atau gambar dengan kualitas yang bagus namun ukurannya kecil. Mereka juga bisa mengirim media-media tersebut dengan ukuran apa adanya (uncompressed).

Kapasitas Anggota Grup

Secara default, kapasitas sebuah grup di Telegram dapat menampung 200 anggota. Namun ketika jumlah ini dipenuhi maka grup akan ditransformasikan menjadi super  grup dengan kapasitas anggota 5000.

Fitur Username

Jika menggunakan Whatsapp untuk bisa menghubungi seseorang harus memiliki nomor telponnya maka Telegram tidak demikian. Kita bisa menghubungi seseorang hanya dengan mengetahui usernamenya saja. Tentu saja hal ini bisa mengamankan privacy pengguna untuk tidak mempublikasikan nomor telpon di sembarang tempat. Cukup usernamenya saja yang dibagikan.

Channel

Telegram menawarkan fitur channel yang mirip seperti grup dan dapat menampung anggota tanpa batas. Pembuat channel bisa memilih anggotanya untuk boleh mengirim post atau hanya bisa membaca saja.

Bisa Digunakan Multi Platform

Aplikasi Telegram tersedia versi Anroid, Windows PC, Windows Phone, Ios, Mac OS, Linux atau bisa juga digunakan tanpa aplikasi yaitu khusus atau melalui browser. Menggunakan Telegram di berbagai platform itu lebih mudah dibandingkan menggunakan Whatsapp versi Web. Telegram tidak membutuhkan pairing device seperti Whatsapp. Gadget pun tidak harus selalu aktif untuk menggunakan Telegram di komputer.

Chat Rahasia

Menggunakan Telegram bisa membuat chat rahasia dengan menentukan durasi untuk sesi chat tersebut. Setelah durasi chat yang dibuat habis maka chat tersebut akan dihapus secara otomatis.

Fitur Bot

Kita bisa membuat bot untuk memudahkan pekerjaan di Telegram. Bot yang kita buat bisa sangat beragam dan bisa disesuakan dengan beragam kebutuhan. Tidak hanya menjawab pesan otomatis saja. Tapi bisa lebih dari itu.

Telpon Suara

Telpon suara sebetulnya bukanlah kelebihan. Hanya saja Telegram versi baru menambahkan fitur ini sehingga ini dimasukkan ke dalam daftar alsan mengapa memilih Telegram dibandingkan dengan Whatsapp.

Mengirim Segala Jenis File

Telegram bisa mengirim segala jenis file. Hal ini berbeda dengan Whatsapp yang hanya membatasi beberapa jenis file saja yang boleh dikirim.

Multi Sesi Login

Telegram membolehkan penggunanya untuk login menggunakan satu akun di platform yang berbeda-beda pada saat yang bersamaan. Semua platform yang digunakan untuk login itu akan menerima notifikasi masing-masing termasuk saat menggunakan browser untuk mengakses Telegram.

Tahukah Kamu Arti kurma?

kur·ma n 1 pohon yang termasuk suku Arecacear, berasal dari Arab, buahnya berbentuk bulat lonjong, dijadikan semacam manisan dan enak dimakan Phoenix dactylifera; 2 buah kurma
Kata Kunci
Selengkapnya...

Ahmad Budairi

Seorang blogger yang bekerja menjadi freelancer di bidang bahasa pemrograman. Baca biografi Ahmad Budairi atau kunjungi lapaknya di Fiverr. Kontak via email: [email protected]. Hubungi via 0822 2500 5825
Close