10 Manfaat Air Kelapa Muda

Indonesia adalah negeri yang kaya flora dan fauna. Begitu suburnya tanah di sebagian besar wilayah Indonesia digambarkan dalam lirik lagu zaman dahulu yang mengibaratkan menanam tongkat pun jadi tanaman. Salah satu keanekaragaman hayati yang tumbuh dan menjadi ciri khas daerah pantai Indonesia adalah pohon kelapa. Ada banyak manfaat air kelapa muda.

Seluruh bagian tanaman bernama latin Cocos nucifera sangat bermanfaat bagi manusia. Batang pohonnya bisa dimanfaatkan sebagai kayu untuk bahan bangunan, daunnya untuk kerajinan tangan, sari buah yang sudah tua dijadikan santan sebagai penyedap berbagai jenis masakan. Bahkan air buah kelapa muda juga bermanfaat dan dikenal sebagai minuman yang menyegarkan. 

Zat yang Terkandung dalam Air Kelapa Muda

Sebuah penelitian di laboratorium Kimia Farmasi salah satu Universitas di Jawa Barat menunjukkan bahwa dalam air kelapa muda terkandung Kalium dan Natrium yang sangat tinggi. Selain kedua logam tersebut, air kelapa muda juga mengandung Fosfor, Kalsium, Magnesium, Besi, Sulfur, Zinc dan Mangaan dan Chlorida. 

Di dalam air kelapa muda juga terdapat Vitamin B1, B2, B3, B5. B6, B7 dan B9. Beberapa jenis protein yang dibutuhkan tubuh juga ditemui dalam air kelapa muda. Protein tersebut antara lain: Alanin, Lisin, Aspartat, Isoleusin, Glutamat dan Glisin.

Manfaat Air Kelapa Muda

Berkaitan dengan berbagai zat dan senyawa yang terkandung di dalamnya, air kelapa muda membawa banyak manfaat bagi tubuh manusia. 

Beberapa manfaat air kelapa muda tersebut adalah:

  1. Mengatasi rasa haus dan mengurangi rasa lapar dalam jangka waktu tertentu.
  2. Menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air kelapa muda bisa membunuh cacing perut, menyembuhkan kolera, mengurangi gatal-gatal, mengurangi keluhan karena sakit cacar dan berbagai penyakit kulit lainnya.
  1. Membantu mengeliminasi obat-obatan dan antibodi yang biasa diaplikasikan pada kasus-kasus infeksi.
  2. Membantu mempercepat absorbsi obat-obatan dengan cara mengoptimalkan konsentrasinya dalam darah.
  3. Membantu mengurangi penyakit akibat kecanduan alkohol dan rokok.
  4. Mencegah penyakit ginjal dan mereduksi serta melarutkan batu ginjal.
  5. Mengurangi resiko terjadinya komplikasi jantung.
  6. Berfungsi layaknya larutan isotonik. Membantu mengembalikan elektrolit yang hilang melalui keringat dan urin.
  1. Mengurangi mual dan kembung dan rasa tak nyaman.
  2. Menghilangkan jerawat dan flek hitam serta mencegah penuaan dini.

Selain bermanfaat bagi tubuh manusia, air kelapa muda juga dimanfaatkan dalam berbagai penelitian di laboratorium. Beberapa riset menunjukkan bahwa air kelapa muda bisa digunakan sebagai media pertumbuhan bagi mikroorganisme yang dapat memproduksi antibiotik penting bagi dunia medis.

Sampaikan pendapatmu di sini.
Dwi Aprilytanti
Dwi Aprilytantihttp://www.braveandbehave.blogspot.co.id
Ibu rumah tangga dua putra. Sekaligus berkarya sebagai penuls lepas dan wirausaha. Memiliki blog tapi mungkin belum pantas disebut blogger, Alumni Danone Digital Academy 2021 (Kompasiana) Tinggal di Sidoarjo.

Bacaan Menarik Lainnya

Tanggapan Kamu?

Baru Terbit